Tuesday, May 3, 2016

Pengertian Manajemen Bisnis

Manajemen bisnis akan sangat berguna ketika anda menjalankan kegiatan bisnis. Manajemen sendiri merupakan ilmu yang berhubungan dengan berbagai hal yang terkait dengan pengaturan, perancangan dan pengawasan dari suatu kegiatan termasuk juga bisnis. Istilah manajemen berasal dari kata di bahasa italia yaitu manggiare atau yang memiliki arti mengendalikan. Menurut Marg Parker Foler, manajemen merupakan seni untuk menyelesaikan sesuatu melalui kerja orang lain. Seni ini juga merupakan cara untuk bisa mencapai suatu tujuan tertentu yang dapat memberikan keuntungan bagi keseluruhan organisasi maupun beberapa pihak. Selain itu, manajemen juga diambil dari kata dalam bahasa Inggris yaitu manage yang memiliki arti mengatur atau mengelola.
Bisnis memiliki definisi sebagai satu jenis kegiatan yang bertujuan untuk menjual produk – produk dalam bentuk barang maupun jasa. Dapat disimpulkan bahwa Pengertian Manajemen Bisnis ialah suatu kegiatan mengatur penjualan produk-produk agar dapat  memberikan keuntungan sebesar besarnya pada para pelakunya. Manajemen bisnis berguna untuk membantu para pelaku bisnis dalam menjalankan bisnisnya sehingga dapat menghindari adanya resiko mendapatkan kerugian dalam bisnis tersebut.
Komponen Bisnis

Bisnis mencakup beberapa komponen yang saling terkait dan berhubungan satu dengan yang lain. Komponen komponen dari bisnis antara lain adalah manajemen bisnis, branding, layanan dan produk, relasi dan juga pelanggan. Manajemen bisnis merupakan komponen yang utama dalam sebuah bisnis agar bisa berhasil. Manajemen memiliki tujuan untuk membuat rencana, mengelola dan menjalankan suatu bisnis. Komponen lain dari bisnis adalah branding. Branding atau pembuatan merek adalah suatu komponen yang penting untuk memberikan citra pada bisnis yang nantinya akan mendukung dalam pencapaian untuk keberhasilan bisnis. Ketika pembuatan merek dilakukan dengan tepat, maka akan lebih banyak potensi konsumen yang tertarik pada barang tersebut.
Kualitas merek juga akan menentukan kepercayaan konsumen yang nantinya akan berpengaruh pada pendapatan dan keuntungan yang bisa didapatkan dari hasil bisnis tersebut. merek juga memiliki pengaruh emosional pada masyarakat, yaitu merek dapat memberikan kesan dan sudut pandang yang berbeda mengenai suatu barang dan produsen. Layanan dan produk juga termasuk dalam cakupan manajemen bisnis. Layanan dan produk adalah komponen komponen dalam bisnis yang ditawarkan ke konsumen dan pasar. Komponen bisnis selanjutnya adalah partner, yaitu pihak pihak yang terkait dalam pelaksanaan bisnis dan berperan dalam usaha pencapaian tujuan kesuksesan dalam bisnis. Komponen berikutnya yang juga merupakan sangat penting dalam manajemen bisnis adalah pelanggan. Pelanggan sebagai konsumen dari barang dan jasa yang ditawarkan oleh suatu produsen ke pasar memiliki peran penting dalam memberikan keuntungan bagi perusahaan. Semakin banyak pelanggan pastinya akan semakin banyak keuntungan yang diperoleh suatu produsen.
Perencanaan Bisnis
Untuk bisa mencapai kesuksesan bisnis yang tepat, maka diperlukan manajemen bisnis yang terencana dengan matang sehingga mampu mengarahkan bisnis menuju arah yang tepat dan mengantisipasi adanya kerugian yang mungkin dihadapi oleh suatu bisnis. Memulai perencanaan manajemen bisnis bukan hanya terletak pada modal. Banyak atau sedikitnya modal tidak menjamin suatu bisnis akan bisa sukses dengan tepat. namun dengan manajemen yang tepat, maka akan diperoleh pelaksanaan bisnis yang efisien dalam menggunakan modal yang tersedia. Untuk mencapai perencanaan manajemen bisnis yang efisien, maka perlu dilakukan perhitungan yang cermat mengenai modal yang ada dengan disesuaikan pada kegiatan operasional dari pabrik atau perusahaan hingga beberapa waktu yang ada di masa depan. Membuat anggaran jangka panjang yang tepat akan sangat tepat dalam membantu perusahaan agar bisa mencapai kesuksesan.

No comments:

Post a Comment